5 Tujuan Penting Lantai Rumah Diberi Lapisan Floor Hardener

Lantai Rumah Diberi Lapisan Floor Hardener

Sebuah rumah tidak akan sempurna tanpa adanya lantai, mungkin Anda sudah menciptakan atap dan struktur, namun lantai adalah pondasi yang sangat penting. Lantai sendiri dapat dibuat dari berbagai macam jenis bahan, seperti keramik, tanah langsung, seme, kayu, batu granit, dll. Di antara semua material tersebut, harga menjadi patokan pemilihan.

Lantai rumah, akan rusak seiring waktu karena penggunaannya. Kerusakan yang ditimbulkan tergantung dengan jenis ruangan, apakah sering digunakan atau tidak. Misalnya saja area depan pintu masuk, pasti lantai di area tersebut lebih cepat rusak.

Alasannya adalah lantai sering diinjak baik itu menggunakan alas kaki atau tidak. Material lantai yang mahal sekalipun, jika tidak dilapisi dengan floor hardener maka sangat mudah untuk rusak. Inilah alasan utama mengapa lantai membutuhkan lapisan khusus.

Floor hardener bisa hampir mirip seperti cat, karena berbentuk cairan yang kemudian dilapisi pada permukaan lantai kayu. Bahan yang diaplikasikan disebut dengan epoxy, yaitu campuran antara resin dan juga hardener. Hasilnya lantai akan memiliki lapisan plastik yang sangat kuat.

Alasan utama dari aplikasi epoxy adalah untuk memberikan perlindungan, selain itu bahan ini dipilih karena harga epoxy lantai tidak terlalu mahal. Jadi siapa saja bisa menggunakan epoxy untuk memberikan lapisan lantai yang lebih kuat. Nah apa perlindungan apa saja yang akan diberikan oleh epoxy? Dan apakah ada fungsi lain yang akan diberikan pada lantai?

 

Tujuan Penggunaan Floor Hardener pada Sebuah Hunian

Floor Hardener pada Sebuah Hunian

Bagi Anda yang mungkin saat ini sedang gencar melakukan perawatan rumah, floor hardener pasti masih asing ditelinga. Hal ini disebabkan masih belum banyak orang yang tahu apa sebenarnya fungsinya. Apakah menggunakan floor hardener akan meningkatkan penampilan dari hunian juga?

Sebelum Anda memutuskan apakah menggunakan floor hardener atau tidak, sebaiknya simak kelima tujuan dari pengaplikasian epoxy untuk lantai berikut ini.

  • Ketahanan

Masih dalam hal perlindungan, lantai epoxy memiliki ketahanan yang bagus terhadap berbagai macam bahan kimia. Misalnya saja seperti minyak, pemutih pakaian (bleaching), bahan pembersih lantai lainnya. Inilah tujuan dari penggunaan floor hardener untuk lantai.

Disamping tahan terhadap berbagai macam bahan kimia, lantai juga akan tahan terhadap air dan panas. Apapun air yang tumpah di atas lantai akan mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bekas. Ketahanannya tentu akan membuat lantai tampak bersih bebas dari bakteri apapun.

  • Kekuatan

Ingin memiliki lantai yang tahan lama? Maka sebaiknya pilih lapisan epoxy. Lantai akan memiliki umur yang lebih lama dibandingkan lantai yang tidak dilapisi. Demi mendapatkan ketahanan yang baik, tentu Anda perlu melakukan maintenance, namun tidak terlalu sulit. Kekuatan yang dihasilkan karena ketebalan lapisan yang diciptakan.

  • Beragam

Epoxy tidak hanya tersedia dalam warna transparan saja, namun memiliki berbagai macam warna. ditambah lagi hasilnya setelah diaplikasikan sangat halus, bersinar atau mengkilap dan juga tanpa cacat. Lantai bisa Anda desain khusus untuk mendapatkan tampilan yang lebih bagus lagi.

  • Mudah dibersihkan

Tidak membutuhkan bahan yang lain bahkan mahal untuk bisa membersihkan lantai dengan bahan epoxy. Anda bisa menggunakan detergen pembersih lantai seperti biasanya. Bahkan jika lantai epoxy terbuat dari bahan kayu.

  • Harga

Jika dibandingkan dengan material lantai yang mahal, Anda bisa berhemat dengan adanya epoxy ini. Triknya, cukup membeli lantai dengan harga murah, bahkan Anda bisa membuat lantai semen. Kemudian lapisi lantai dengan epoxy, setidaknya cara ini dapat mengurangi budget hingga cukup besar.

Satu-satunya kekurangan yang didapatkan oleh floor hardener dari epoxy adalah cara aplikasinya. Anda mungkin bisa mendapatkan harga epoxy lantai yang murah, tetapi cara penggunaannya harus tepat. Dalam hal ini, sebaiknya serahkan pada ahlinya yaitu jasa khusus untuk mengaplikasikan epoxy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *