Mau Buat Kafe Dengan Tema Jepang? Barang Ini Wajib Ada!

Barang Wajib Buat Kafe Tema Jepang

Membuat sebuah kafe, selain makanan yang lezat dan otentik, juga harus punya konsep yang unik sehingga mudah diingat. Tema Jepang bisa jadi salah satu pilihan, apalagi kalau Anda menyediakan makanan Jepang atau sejenisnya. Untuk memberi kesan Negeri Sakura yang sempurna, pastikan semua barang berikut ini ada di kafe tersebut! penasaran apa saja barangnya?

 Barang Wajib Buat Kafe Tema Jepang

Dari Jenis Pintu Hingga Kimono Khas Jepang

Jenis pintu sliding door, meja pendek, alas untuk duduk, lampu, peralatan makan, dan hiasan dinding bunga sakura adalah barang wajib kalau mau mengimplementasikan kafe bertema Jepang. Karena keunikan Jepang terletak pada barang-barang tersebut, Anda bisa memesannya pada jasa pembuatan furniture atau membuatnya sendiri.

  • Pintu Geser Shoji

Rumah Jepang identik dengan pintu dengan sistem geser yang biasa disebut shoji, tapi biasanya terbuat dari kayu atau bambu. Dibuat seperti kerangka yang diisi dengan kertas khusus tembus cahaya. Tapi karena kelangkaan kertas tersebut dan semakin modernnya zaman, kertas diganti dengan material kaca buram khusus. Anda bisa menggunakan pintu ini sebagai pintu utama kafe.

  • Meja Pendek Chabudai

Selain pintu sliding door orang Jepang biasa menata makanan di atas meja pendek yang biasa disebut chabudai. Biasanya tinggi meja tak lebih dari 30 sentimeter dengan empat bagian penyangga. Meja ini berbahan kayu sama halnya dengan meja makan lainnya, tapi ada juga yang terbuat daru bambu yang diolah sedemikian rupa menjadi meja yang unik.

Gunakan chabudai pada bagian kafe lesehan yang Anda miliki, sehingga siapa saja bisa merasakan nuansa Jepang yang kental di sana.

  • Alas Tempat Duduk Zabuton dan Zaisu

Untuk menyempurnakan fungsi chabudai biasanya dipakai alas tempat duduk yang dibuat dari kain berisi kapuk atau bahan empuk lainnya dikenal dengan nama zabuton. Anda juga bisa memakai bantalan ini sebagai tempat duduk di meja kafe, jika ingin yang lebih nyaman, bisa ditambahkan kursi tanpa kaki yang disebut zaisu fungsinya untuk menyandarkan punggung.

  • Lampu Bonbori

Lampion bisa jadi pilihan penerangan utama di kafe Anda, sebagai tambahannya bisa menempatkan beberapa lampu berneutk heksagonal yang biasa disebut bonbori. Bisa ditempatkan di samping sliding door sebagai pemanis, atau bonbori kecil pada semua meja makan yang tersedia.

  • Peralatan Makan

Jangan lupa untuk menggunakan peralatan makan khas Jepang agar tema negeri sakura benar-benar sempurna. seperti sumpit, mangkuk kecil, dan gelas minum yang terbuat dari tanah liat dan biasa disebut yunomi.

  • Hiasan Dinding Bunga Sakura

Bunga Sakura sangat identik dengan Jepang, jadi tak salah kalau Anda memanfaatkannya sebagai tambahan dekorasi bertema Jepang. Bisa berupa lukisan bunga yang ditempelkan pada dinding, sisi samping sliding door. Atau bunga sakura tiruan di beberapa sudut ruangan. Dapat juga ditambahkan tanaman bambu hias yang juga menjadi kebanggaan orang Jepang.

  • Pakaian Kimono

Untuk menambah kesan Jepang Anda juga bisa menerapkan pakaian Jepang untuk para karyawan yang bertugas. Bagi yang perempuan memakai kimono dan pria mengenakan kurotomesedo yang berupa pakaian hitams seperti jubah panjang. Tapi kalau terlalu ribet, bisa disesuaikan dengan fashion kekinian anak muda Jepang.

Ketika Anda berhasil menempatkan semua barang di atas pada kafe Anda maka dipastikan tema Jepang akan terpancar sempurna. Tinggal menambahkan musik khas Jepang sebagai back sound café, lantai berwarna natural yang indah dan mulailah meraih keuntungan lebih dari konsep luar biasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *