Bingung Pilih Karpet untuk Kantor? Intip 6 Kelebihan Karpet Tile Ini

Karpet Tile

Sebuah ruang kantor harus dibuat nyaman untuk mobilisasi para karyawan. Tempat yang dipijak dalam ruangan menjadi bagian yang sangat penting dan harus direncanakan dengan tepat sejak awal. Ada banyak pilihan material untuk lantai pada sebuah kantor. Di antara banyak pilihan seperti karpet tile, keramik atau dengan lapisan flooring epoxy manakah yang sebaiknya digunakan?

Jika menggunakan lantai keramik, Anda harus memperhatikan biaya pemasangan yang mahal karena harus menggunakan semen dalam jumlah banyak. Sedangkan untuk lantai epoxy Anda harus mempertimbangkan bau menyengat yang keluar perlu waktu lama untuk hilang. Nah jalan satu-satunya adalah memilih lantai yang dilapisi karpet seperti karpet jenis tile.

Macam-Macam Keunggulan Menggunakan Karpet Tile

Keunggulan Menggunakan Karpet Tile

Ada banyak jenis karpet, tapi mengapa Anda sebaiknya menggunakan karet tile dan seperti apa bentuknya? Jenis karpet ini sebenarnya tidak berbeda dengan karpet lainnya karena yang membedakan adalah bentuknya. Jika selama ini Anda hanya mengenal karpet dalam bentuk meteran, karpet ini berbentuk tile yaitu persegi.

Karena bentuknya yang persegi inilah begitu banyak keuntungan yang didapat jika Anda menggunakannya sebagai karpet kantor. Berikut ini beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakan karpet tile untuk kantor.

  • Memudahkan pemasangan

Seperti bentuknya yaitu persegi, pemasangan karpet sangatlah mudah. Anda bisa meminta bantuan yang tukang profesional untuk pemasangan atau bisa juga memasangnya sendiri. Prosesnya tidak membutuhkan keahlian tertentu karena cukup dengan menata karpet di atas lantai beton yang sudah selesai.

  • Lebih murah sehingga hemat

Alasan lainnya adalah harga karpet ini murah daripada karpet roll. Anda hanya perlu mengukur seberapa luas lantai yang ingin dilapisi oleh karpet. Baru membeli karpet sesuai dengan ukuran. Anda bisa menghemat dengan membeli karpet sesuai ukuran dan menghindari sisa karpet seperti yang terjadi bila menggunakan karpet roll. Setidaknya penghematan yang didapatkan bisa mencapai 20% daripada biasanya.

  • Banyak Variannya

Varian Karpet Tile

Karena bentuknya yang persegi bukan berarti tampilannya tidak menarik. Ada banyak sekali pilihan warna dan juga motif yang bisa ditata. Bahkan untuk karpet tertentu Anda bisa menyusunnya untuk membentuk motif yang lebih menari. Justru bentuknya yang persegi memudahkan Anda untuk membuat lebih banyak varian tampilan.

  • Tidak licin

Menggunakan karpet bukan berarti bebas dari cedera karena karpet yang terlalu licin. Beberapa jenis karpet jika terlalu lama digunakan bisa berubah menjadi licin. Alasannya adalah bahan pada karpet terlalu banyak mengandung plastik, sehingga ketika sering dipijak lama kelamaan karpet kehilangan bulu di atasnya. Berbeda dengan karpet tile yang bahannya lebih banyak mengandung rug atau kain. Sehingga sesering apapun digunakan karpet akan tetap tebal dan tidak licin.

  • Perawatan yang mudah

Anda ingin karpet kantor yang tahan lama dan hemat biaya pemeliharaan? Maka karpet berbentuk persegi ini adalah jawabannya. Anda tidak perlu merawatnya setiap hari, cukup dibersihkan beberapa hari sekali saja sudah cukup. Prosesnya juga tidak membutuhkan bahan pembersih khusus. Cukup dibersihkan dengan mesin vakum, tampilan karpet dan ketebalannya akan terjaga. Pastinya karpet bisa digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama.

  • Perbaikan yang mudah

Pada kasus tertentu karpet bisa saja rusak karena terbakar atau terkena benda tajam sehingga sobek. Nah karena karpet berbentuk persegi yang ukurannya kecil, maka proses penggantian lebih mudah. Anda cukup membeli karpet tile dengan warna dan model yang sama lalu mengganti bagian yang rusak saja. Tanpa harus memotong atau mengelem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *