Buat Lantaimu Anti Mainstream Dengan Paduan Unik Keramik Dan Epoxy

Memadukan Keramik Dan Epoxy

Memadukan kramik dan epoxy untuk lantai kini menjadi tren tersendiri. Memang, selain manfaat epoxy yang dapat mencegah kerusakan lantai akibat kotoran, air dan bahan kimia, epoxy juga mencegah lantai cepat rusak karena tergores dengan benda lainnya.

Memadukan Keramik Dan Epoxy Untuk Lantai

Keramik Dan Epoxy

Ada beberapa alasan mengapa lantai epoxy bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin lantai unik dan anti mainstream. Mengaplikasikan epoxy pada lantai keramik memerlukan proses yang cukup panjang. Selain itu, harga cat epoxy yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga keramik 3D menjadi salah satu alasan bagi orang-orang tak mau ribet membuat lantai cantik menggunakan epoxy.

Tapi kamu yang menginginkan lantai unik dan anti mainstream tak perlu bingung, kamu bisa sewa jasa epoxy flooring untuk membuat cantik lantaimu dengan memadukan keramik dan epoxy sesuai keinginan kamu. Atau kalau kamu ingin berkreasi sendiri, kamu bisa mengikuti ke-5 langkah ini. Nggak ribet kok.

1. Bersihkan Lantai Keramik

Tahap pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai memadukan keramik dengan epoxy adalah membersihkan lantai keramik. Sapu lantai dan bersihkan dengan sabun dan air kemudian tunggu hingga lantai mengering. Hal ini harus kamu lakukan karena bahan keramik dibuat menggunakan bahan yang mencegah sesuatu melewati permukaannya.

Setelah lantai kering, lanjutkan dengan pengampelasanan sehingga nantinya cat dapat menempel dengan sempurna. Setelah selesai, bersihkan lagi sampai tidak ada sisa debu sedikitpun.

2. Terapkan Epoxy Primer (Priming)

Tahap kedua setelah kamu selesai membersihkan lantai adalah mengaplikasikan epoxy primer. Tahap ini perlu kamu lakukan untuk menyegel permukaan lantai keramik kamu, sehingga apisan epoxy bisa menempel ke keramik tanpa merusak warna dasar lantai keramik kamu. Gunakan epoxy primer bening kalau kamu menginginkan warna lantai tetap sama, atau gunakan epoxy primer putih kalau kamu ingin mengecat lantai dengan warna yang berbeda atau melukis lantaimu dengan epoxy. Terapkan epoxy dengan mengikuti desain keramik dan biarkan curing selama sehari.

3. Terapkan Epoxy Lantai Grouting

Setelah tahap pertama dan kedua kamu selesaikan dengan rapi, tahap selanjutnya adalah penerapan epoxy lantai grouting. Tahap ini sebenarnya bisa kamu lewatkan kalau kamu  hanya ingin mengaplikasikan epoxy untuk membuat lantai keramikmu lebih mengkilap saja. Tapi, kalau kamu menginginkan epoxy lantai untuk membuat tampilan lantai keramikmu lebih dari sekedar mengkilap kamu bisa menerapkan tambahan epoxy grout ini.

Epoxy grout adalah campuran talk dan epoxy serta hardener yang ketika dicampurkan dan diaplikasikan akan menutupi permukaan yang tidak rata pada lantai sehingga permukaan lantai keramikmu akan menjadi flat.

4. Tambahkan Cat Epoxy Lantai

Opsional kedua yang bisa kamu lakukan untuk menambah indah lantai kamu adalah dengan menambahkan epoxy lantai. Hal ini bisa kamu lakukan kalau kamu menginginkan warna lantai yang berbeda dengan warna dasar keramik yang akan kamu tutupi dengan epoxy. Dengan menambahkan cat epoxy, kamu nggak perlu hawatir catnya tidak merata atau tidak menutupi keramik sepenuhnya. Jangan lupa biarkan sampai mengering terlebih dahuu sebelum menambahkan epoxy.

5. Finishing dengan Coating

Tahap akhir yang harus kamu lakukan yaitu finishing epoxy. Kerjakan secara hati-hati dan perlahan, mulai dari sudut yang sama seperti sebelumnya menggunakan roll atau kuas. Biarkan mengering sebelum kamu sanding dengan amplas grit. Usap dengan kain bersih sebelum kamu terapkan coating lainnya dan ulangi kembali sampai hasilnya sesuai keinginanmu.

Gimana, mudah kan? Kalau kamu mau tahu harga cat epoxy di kota kamu, kamu bisa datang langsung ke toko bangunan terdekatmu atau melihat katalog online-nya saja. Selamat berkreatifitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *