Gimana Jadinya Kalau Kamar Tidak Ada Jendela?

Gimana Jadinya Kalau Kamar Tidak Ada Jendela?

Tidur menjadi kegiatan wajib yang dilakukan manusia. Hampir setengah umur manusia dihabiskan untuk tidur dan sisanya dihabiskan untuk melakukan berbagai aktifitas. Pada saat tidur tubuh manusia mengelami istirahta dan metabolisme dengan tubuh. Tidur yang baik ditandai dengan kegiatan buang air besar dipagi hari. Kegiatan buang air besar dipagi hari menjadi pertanda bahwa racun dalam tubuh berhasil disaring dan dikeluarkan keesokan harinya.

Pada saat tidur ternyata tubuh membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup. Paparan matahari ini bisa didapatkan ketika pagi hari. Cahaya masuk melalui celah-celah jendela atau melalui roller blind. Harga roller blind murah sehingga dapat menjadi pilihan hemat dalam memilih benda pelengkap jendela. Jadi tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli benda yang satu ini. berikut adalah manfaat cahaya pada saat tidur.

Susah Tidur

Tidur yang baik seharusnya dihabiskan dalam waktu 6-8 jam. Tetapi pada saat kita mengalami remaja tidur sangat sukar dilakukan. Gejala susah tidr dialami oleh lansia dan remaja karena beberapa hal. Salah satu faktor penyebab susah tidur adalah kurangnya tibuh terkena sinar matahari. Padahal sinar matahari sangatlah baik bagi tubuh.

Tubuh membutuhkan melatonin dalam darah. Melatonin ini membantu manusia untuk tidur lebih pulas. Pada beberapa kasus, lansia maupun remaja yang tidak terpapar sinar matahari dengan baik akan mengalami gejala insomnia. Hal ini disebabkan melatonin didalam tubuh yang tidak mampu berkembang secara optimal.

Kurang Vitamin D

Vitamin D sangat baik untuk kesehatan kulit. Tubuh memerlukan cahaya matahri sekitar 5 sampai 15 menit dalam sehari. Terutama pada saat pagi hari. Sayangnya beberapa orang justru menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Mereka takut kulit terbakar dan berubah menjadi hitam. Padahal pancaran sinar matahri yang pas dan sesuai justru menghasilkan dampak positif bagi kulit.

Remaja tidak memerlukan tabir surya karena vitamin D dapat terpenuhi dengan cahaya matahari. Sedikitnya bahan makanan yang mengandung vitamin D seharusnya mendorong masyarakat untuk berjemur atau menghangatkan diri didalam kamar. Menghangatkan diri melalui paparan sinar matahari.

Vitamin D memiliki fungsi yang sangat baik. Vitamin D mampu membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Selain itu, cahay matahari pada pagi hari juga dipercaya mampu menghindari tubuh dari penyakit kangker (pangkreas atau payudara). Kalau tidak mendapatkan sinar matahari bisa disimpulkan sendiri akibatnya.

Kesulitan Membedakan Waktu

Sebaiknya cari tempat yang jual roller blind murah dan membelinya. Pasang benda ini pada jendela kamar dan cahaya matahari dapat masuk menyinari tubuh dengan lebih teratur. Ketika kamar dibuat rapat tanpa ada cahaya masuk pasti akan membuat penghuni kamar kebingungan. Bingung mengenai waktu, jam berapa?, sudah siang atau belum? Dan lain sebagainya. Jam memang membantu untuk mengetahui jam.

Sayangnya, ketika tidur biasanya kita terlebih dahulu melihat keluar kamar untuk menentukan waktu daripada melihat jam pada dinding kamar atau pada ponsel. Ketika kamar tidak dilengkapi jendela, maka tidak ada perbedaan waktu. Siang, malam, ataupun pagi akan tetap sama. Sama-sama gelap dan sama-sama lembab.

Jangan pernah mengabaikan sinar matahari bagi tubuh. Apalagi pada saat tidur dimalam hari. Cahaya matahari memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh manusia. Ketika menghindari sinar matahari itu sama saja menghindari kebaikan yang akan diterima tubuh. Demikian ulasan mengenai pengaruh sinar matahari pada saat tidur. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *