Jenis dan Karakteristik AC yang Tepat untuk Mall

Mall merupakan suatu tempat yang selalu dikunjungi oleh banyak orang. Oleh sebab itu, kenyamanan suhu dan kelembabannya harus diatur sedemikian rupa. Nah, biasanya orang yang ahli dalam mengatur kelembaban ruangan adalah kontraktor HVAC.

Mereka bisa memilih dan memasang AC yang tepat untuk kebutuhan mall. Nah kira-kira jenis AC seperti apa ya yang akan digunakan? Mari langsung simak saja penjelasannya di bawah ini yuk!

Jenis AC yang Cocok dipasang di Mall

 

Jenis AC yang Cocok dipasang di Mall

Di pasaran AC dapat ditemui dalam berbagai jenis, model, ukuran, dan lain sebagainya. Setiap jenis memiliki peruntukan dan karakteristik tersendiri. Untuk kebutuhan mall, kontraktor HVAC akan memilih jenis AC Central.

AC ini menggunakan sistem ducting untuk mendistribusikan udara dinginnya. Jadi pengoperasiannya dikendalikan dari satu titik yang lalu disebarkan ke seluruh ruangan mall. Dalam desainnya, AC ini dibuat seefisien mungkin sehingga memudahkan dalam aspek pemakaian ruang, energi, dan perawatannya.

Komponen Dasar yang Ada Pada AC Central

Pada dasarnya AC Central terdiri dari 5 komponen. Di antaranya yaitu chiller, AHU (Air Handling Unit), ducting AC, cooling tower, dan pompa sirkulasi.  Untuk mall, biasanya sistem AC Central yang digunakan yaitu sistem air. Pada sistem ini media pembawa hawa dingin yang ada dalam pipa yaitu berupa air.

Komponen chiller bertugas untuk memindahkan udara panas yang ada pada suatu ruangan ke sistem sirkulasi yang berada di luar gedung. Chiller sendiri terdiri dari bagian kompresor, kondensor, evaporator, dan alat ekspansi. Hawa panas yang dibawa chiller selanjutnya akan didinginkan melalui cooling tower.

Pada bagian evaporator, air yang mengalami pendinginan akan dialirkan ke sistem AHU. Komponen AHU sendiri terdiri atas filter, centrifugal fan, dan koil pendingin. Filter berfungsi untuk menyaring udara dari debu dan kotoran.

Sedangkan centrifugal fan berguna untuk mendistribusikan udara ke ruangan mall. Terakhir, koil pendingin bermanfaat untuk menurunkan suhu udara. Secara garis besar, pada AHU terjadi percampuran antara hawa dari dalam ruangan dengan udara segar dari lingkungan luar.

Komponen AC Central lainnya yaitu cooling tower berguna unruk mendinginkan air atau hawa panas dari kondensor. Cooling tower terdiri dari sistem pipa, nozzle, blower, casing, dan bak penampung.

Nah untuk mengatur besar kecilnya udara yang masuk ke ruangan hanya bisa dilakukan dengan memperkecil atau memperbesar lubang tempat udara dingin keluar atau yang disebut dengan diffuser.

Kelebihan AC Central

Adapun beberapa kelebihan yang didapatkan dari sistem AC Central di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Estetika desain interior mall akan tetap terjaga
  2. Getaran dan suara mesin AC tidak akan mempengaruhi bagian dalam mall
  3. Perawatan dan perbaikannya cenderung mudah
  4. Pengontrolan seluruh sistem mudah karena cukup dilakukan melalui satu titik/sumber

Kekurangan AC Central

Beberapa kekurangan AC Central yang perlu anda ketahui. Diantaranya yaitu.

  1. Budget yang dikeluarkan cukup tinggi
  2. Biaya operasional terhitung mahal
  3. Jika salah satu komponen rusak, maka keseluruhan sistem AC Central juga tidak dapat digunakan
  4. Tidak cocok digunakan untuk rumah sakit, klinik, dan sejenisnya. Hal ini disebabkan akan ada potensi kuman-kuman yang berasal dari ruangan pasien dengan penyakit menular dapat tersebar melalui saluran udara AC ke ruangan lain

Nah itulah informasi seputar AC Central untuk mall. Jika anda tertarik untuk memasangnya, mintalah bantuan jasa instalasi listrik dan kontraktor HVAC agar pemasangan benar dan cepat. Selamat memasang AC!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *