Jenis-jenis Kabel HDMI dan Fungsinya

Jenis-jenis Kabel HDMI dan Fungsinya

Kabel High-Definition Multimedia Interface (HDMI) merupakan jenis kabel yang banyak digunakan di berbagai peralatan elektronik, mulai dari smartphone, laptop, komputer, kamera digital, hingga televisi. Kabel HDMI digunakan sebagai jalur transmisi data berupa video dan audio yang dikirim dengan kualitas dan kecepatan tinggi. Saat Anda ingin menampilkan video yang ada pada komputer ke televisi. kabel HDMI akan menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Jenis-jenis Kabel HDMI

Penggunaan kabel HDMI masih sangat tinggi hingga saat ini. Teknologi HDMI mampu mengirim sinyal video dan audio dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Adapun sinyal video digital yang dihasilkan HDMI, ialah 480p, 576p, 720p, dll. Sedangkan sinyal audio yang dihasilkan antara lain:

  • LPCM
  • Dolby Digital
  • DTS
  • DVD-Audio, dsb.

Berdasarkan ukurannya, kabel HDMI terbagi menjadi 5, diantaranya sebagai berikut.

1. Kabel HDMI Tipe A

Konektor HDMI tipe A sering disebut sebagai HDMI Full Size Connector. Terdapat 19 pin di dalamnya. Konektor tipe A inilah yang paling umum digunakan di berbagai perangkat elektronik. Ada socket khusus yang disediakan di setiap laptop khusus untuk kabel HDMI. Ukuran dimensinya berkisar 13,99 mm x 4,45 mm.

2. Kabel HDMI Tipe B

Konektor tipe B memiliki ukuran yang lebih besar dibanding konektor tipe B. Tidak hanya memiliki ukuran yang berbeda, konektor tipe B memiliki jumlah pin yang lebih banyak dibanding tipe A, yaitu 209 pin pada bagian konektornya. Jika konektor tipe A biasa digunakan pada laptop, konektor tipe B biasa digunakan pada televisi, terutama UHDTV.

3. Kabel HDMI Tipe C

Konektor HDMI tipe C memiliki ukuran berkisar 4,45 mm x 13,9 mm. Dilihat dari ukurannya, konektor tipe C lebih kecil dibanding konektor tipe A dan B. Maka dari itu tipe C sering disebut sebagai HDMI Mini Connector. Sedangkan jumlah pinnya adalah 19, sama seperti konektor tipe A. Konektor HDMI tipe ini paling sering digunakan pada gawai elektronik berukuran kecil, seperti ponsel, tablet, dan perangkat lainnya.

4. Kabel HDMI Tipe D

Diantara ketiga konektor yang telah dibahas sebelumnya, konektor HDMI tipe D memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, yaitu 2,8 mm x 6,4 mm. Oleh karena itu konektor tipe D juga dinamakan sebagai HDMI Micro Connector. Memiliki jumlah pin sebanyak 19, konektor tipe D biasa digunakan pada smartphone, kamera digital, MP3, dan perangkat lainnya.

5. Kabel HDMI Tipe E

Berbeda dengan tipe konektor lainnya, konektor tipe E khusus digunakan pada kendaraan bermotor. Konektor tipe ini memiliki pengikat supaya tidak mudah terlepas saat terjadi guncangan.

Fungsi Kabel HDMI

Fungsi Kabel HDMI

Fungsi dari kabel HDMI adalah untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan tujuan mengirim sinyal audio dan video. Namun tidak hanya itu, berikut ini beberapa fungsi atau kegunaan kabel HDMI.

1. Sinyal audio dan video yang dikirim menggunakan kabel HDMI tidak dikompresi terlebih dulu, sehingga tidak mengurangi kualitas video yang dikirimkan. Berbeda dengan jenis kabel lainnya.

2. Kecepatan pengiriman data menggunakan kabel HDMI jauh lebih cepat, yaitu mencapai 5 GB per detik.

3. Penggunaan kabel HDMI lebih praktis karena merupakan kabel tunggal.

Itulah beberapa fungsi dari kabel HDMI. Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini penggunaannya tidak sesering dulu, karena mulai tergantikan dengan perkembangan teknologi wireless. Lebih hemat dan lebih efisien dibandingkan melalui kabel. Walau begitu, konektor HDMI masih banyak digunakan karena kecepatan transmisinya yang stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *