Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Metal

Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Metal

Genteng metal saat ini menjadi bahan perbincangan banyak orang karena memiliki model yang menarik dan mudah untuk dirawat. Pemilihan atap harus dilakukan dengan baik agar mampu memenuhi kebutuhan dan menciptakan suasana rumah yang nyaman dan enak untuk dihuni dalam jangka waktu yang lama. Materi metal merupakan pilihan yang sangat cocok karena hemat energi.

Kelebihan Genteng Metal Pasir

Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Metal

Atap metal memiliki daya tarik yang berbeda sehingga seringkali digunakan sebagai material penyusun bagian atas. Metal merupakan bahan yang memiliki banyak kelebihan seperti di bawah ini.

1. Ramah lingkungan

Genteng ini terbuat dari material yang bersifat ramah lingkungan sehingga mampu di daur ulang. Tidak seperti material yang lainnya yang mampu mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan para pengguna.

2. Tidak menghantarkan api

Metal memiliki sifat non combustible sehingga tidak mampu menghantarkan panas. Material ini tahan terhadap panas dan memiliki kemampuan meredam petir sehingga tidak mudah tersambar dan aman dalam segala cuaca meskipun keadaan sedang hujan dengan petir yang kencang.

3. Memiliki banyak varian

Material ini terdiri dari berbagai varian warna yang menarik, model dan juga ketebalannya. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dan juga selera dengan varian yang disukai. Dengan begitu Anda bisa memberikan pancaran hunian yang nyaman dan menarik.

4. Antik korosi dan karat

Genteng metal pasir memiliki kandungan unsur yang beragam seperti aluminium, seng, serta dilengkapi dengan lapisan anti karat. Hal inilah yang membuat atap ini memiliki ketahanan anti korosi dan juga pengikisan. Dengan begitu warna atap Anda akan tetap terjaga untuk jangka waktu yang lama.

5. Pemasangan mudah dan cepat

Material ini dirancang dengan baik dan tepat sehingga proses pemasangannya bisa berjalan dengan mudah dan cepat. Pemasangan atap ini menggunakan sistem kunci yang dirancang secara khusus agar tidak mudah bergeser karena gangguan angin ataupun ketika diinjak. Setiap bagian akan disambungkan dengan sekrup sehingga kuat dan erat. Meskipun proses pemasangannya tergolong cepat, namun Anda tidak perlu ragu dengan kekuatannya. Atap ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi meskipun diterpa angin maupun saat terjadi gempa.

6. Kokoh namun memiliki bobot yang ringan

Atap ini berbentuk lembaran yang kokoh dan memiliki sifat anti pecah. Bukan hanya iru, material ini juga dilengkapi dengan sistem anti lapuk, anti rayap dan anti jamur sehingga mampu bertahan untuk segala cuaca. Atap metal bisa digunakan dalam kurun waktu hingga puluhan tahun. Bahkan, meskipun sudah dipakai cukup lama, resiko kerusakan yang terjadi kecil sekali. Jenis atap metal sangat cocok untuk rumah yang ada di daerah rawan gempa.

7. Harga Terjangkau

Genteng ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan harga terjangkau. Anda harus melakukan survei terlebih dahulu untuk mendapatkan harga genteng metal yang paling cocok dengan anggaran yang dimiliki.

8. Mampu meredam suara

Material metal memiliki lapisan luas yang sangat tebal sehingga mampu meredam suara berisik yang berasal dari dalam maupun luar rumah. Jenis atap ini sangat cocok untuk rumah yang berada di lokasi yang memiliki curah hujan tinggi. Dengan begitu Anda bisa tetap nyaman di dalam rumah meskipun sedang hujan deras.

Kekurangan Genteng Metal Pasir

Meskipun memiliki banyak keunggulan, ternyata atap metal juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.

1. Warna cepat terkelupas

Warna pada atap akan mudah terkelupas. Untuk itu saat proses pemasangan harap dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, bisa mudah tergores dan cat akan terkelupas.

2. Menimbulkan kebisingan saat proses pemasangan

Saat proses pemasangan pertama kali, akan menimbulkan suara yang cukup bising. Hal tersebut terjadi karena adanya kontak antar lapisan metal.

3. Membuat suhu ruangan menjadi panas

Kemampuan material metal meredam panas hanya sekitar 70%. Sehingga jika suhu udara di luar terlalu panas, maka ruangan pun akan terasa lebih panas.

4. Rentan terhadap tekanan

Atap metal memiliki ketebalan sekitar 0.20-0.40 mm sehingga sangat rentan terhadap tekanan dan bisa penyok jika diinjak.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, harga genteng metal dijual dengan harga yang cukup murah. Dengan begitu Anda bisa menekan biaya pembangunan secara lebih maksimal. Bangun rumah impian Anda dengan memilih material terbaik agar kokoh dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *