Lebih Untung Mana? Lantai Parket atau Lantai Keramik

Lantai Parket atau Lantai Keramik

Memiliki rumah dengan desain apik yang nyaman tentulah menjadi harapan dari semua orang. Mulai dari pemasangan ternit, pengecatan dinding, penataan interior, hingga pemasangan lantai pun sangat diperhatikan guna menunjang tujuan utama tadi yaitu kenyamanan. Pemilihan jenis lantai pun tidak boleh asal asalan haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari calon penghuni rumah tersebut. Nah, salah satu jenis lantai yang paling banyak digunakan dalam pembangunan hunian ialah keramik dan juga parket. Lalu apa perbedaan antara keduanya? Dan manakah yang paling bagus untuk digunakan?

Lantai Parket vs Lantai Keramik

Lantai parket atau yang juga biasa disebut sebagai lantai kayu memiliki beberapa keunggulan dan juga kekurangan dalam pemakaiannya. Dan demikian dengan lantai keramik. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih detail, simak ulasannya di bawah ini.

1. Lantai Parket

Lantai kayu menjadi salah satu tipe flooring dalam hunian yang mampu memberikan insulasi bagus. Bahkan secara teknis, penggunaan lantai kayu akan menghemat daya energi yang diperlukan oleh sebuah hunian.

Keunggulan utama yang dimiliki oleh lantai kayu ialah teksturnya yang tidak terlalu keras. Fakta ini tentu akan menguntungkan terlebih bagi mereka yang memiliki anak usia dini yang sedang belajar merangkak ataupun berjalan. Bukan hanya soal kenyamanan, tapi keamanan juga menjadi prioritas yang utama. Berbeda dengan keramik, lantai kayu cenderung akan memberikan kehangatan bagi penghuninya tatkala musim dingin tiba.

Ramah lingkungan pun menjadi keunggulan mutlak yang dimiliki oleh lantai kayu. Karena selain mudah untuk didaur ulang, jenis kayu murah yang Anda pilih pun tidak memerlukan penebangan pohon dalam skala yang besar.

Jika Anda menggemari gaya klasik eropa yang berkelas dan elegan, maka lantai kayu bisa Anda pilih untuk mewarnai hunian Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan lantai kayu dalam hunian cenderung mampu menghemat energi yang dikeluarkan. Dengan fakta tersebut, pengeluaran bulanan Anda pun dapat dikontrol dengan lebih baik lagi.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, nyatanya lantai kayu memiliki kekurangan yang sering menjadi kendala bagi sebagian orang, yaitu karena warnanya yang mudah memudar. Apalagi jika penataan lantai kayu berada tepat di bawah sinar matahari. Pastilah warna dari kayu tersebut akan cepat berubah menjadi pudar.

2. Lantai Keramik

Sama halnya seperti lantai kayu, lantai keramik pun memiliki beberapa keunggulan yang menyebabkannya banyak dipilih oleh orang orang. Salah satu kelebihan lantai ini karena termasuk ke dalam jenis material yang awet. Cara pembersihan dan perawatan dari keramik pun tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya secara rutin untuk menjaga kebersihannya.

Material keramik juga dapat dipasang di ruang apa saja. Tidak terbatas pada ruang tamu, kamar tidur, ataupun kamar mandi. Alasannya sederhana, corak dan bentuk dari keramik itu sendiri yang cukup beraneka ragam sehingga mampu menyesuaikan dimanapun nantinya ia akan diletakkan.

Adapun untuk kekurangan yang dimiliki oleh lantai keramik ialah permukaannya yang cenderung keras. Selain itu, ketika ada satu saja petak keramik yang rusak ataupun patah, Anda tidak bisa mendaur ulangnya dan harus menggantinya dengan yang baru. Dan lagi, jika dibandingkan dengan lantai kayu, lantai keramik tidaklah efisien energi sama sekali.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai perbandingan antara lantai parket dan juga lantai keramik. Bagaimana menurut Anda? Manakah yang paling menarik perhatian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *