Macam-macam Power Tools Lengkap Dengan Fungsinya

Macam-macam Power Tools

Power tools merupakan peralatan yang dioperasikan dengan menggunakan tenaga tambahan, yaitu tenaga manusia. Sumber tenaga dari perlengkapan ini biasanya dihasilkan dari tenaga listrik dan udara. Setiap peralatan memiliki fungsi yang berbeda dan bermanfaat untuk memudahkan segala pekerjaan. Dengan adanya alat ini, maka proses pengerjaan akan terasa lebih mudah dan cepat.

Berikut Macam-Macam Power Tools Dan Fungsinya

Macam-macam Power Tools

Peralatan ini dikategorikan dalam dua aspek, yaitu cara penggunaannya dan ukuran. Cara penggunaannya dibagi atas non portable dan portable. Sedangkan dari ukurannya, ada yang besar dan ada juga yang kecil. Setiap kategori peralatan tentu memiliki keunggulan yang berbeda, tergantung dari kebutuhan pengguna. Berikut akan dijabarkan tentang beberapa macam-macam power tools beserta fungsinya.

1. Gerinda listrik portable (Portable power grinder)

Alat yang satu ini bisa dikatakan memiliki fungsi yang beragam seperti menghaluskan permukaan, membersihkan karat yang menempel pada material, mengasah hasil pengelasan dan sebagai alat pemotong.

Berbagai fungsi ini bisa diterapkan dengan mengganti mata gerinda sesuai dengan kebutuhan. Sesuai dengan namanya, gerinda ini bekerja dengan sumber listrik sebagai penggeraknya.

2. Bench Grinder

Alat ini biasa dikenal dengan sebutan gerinda meja yang tidak bersifat portable dan tidak bisa dibawa kemana-mana, sehingga harus dipasang pada bagian meja untuk bisa digunakan. Gerinda meja bekerja menggunakan sumber tenaga listrik.

Fungsi gerinda meja adalah untuk meratakan atau menghaluskan permukaan benda kerja. Contohnya adalah untuk membentuk ujung obeng agar tetap lancip dan tetap bisa digunakan secara maksimal.

3. Bor Angin (Air drill)

Fungsi utama bor angin yaitu membuat lubang pada bagian tertentu. Untuk bisa menggunakannya, dibutuhkan mata bor yang nantinya dipasangkan pada bagian chuck. Tenaga yang digunakan untuk menggerakkan alat ini bersumber dari anggi. Angin bertekanan besar akan dihembuskan oleh kompressor melalui selang.

Bor angin biasanya digunakan untuk membuat lubang di ruangan yang terdapat benda cair dengan sifat mudah terbakar. Hal tersebut terjadi karena penggunaan bor listrik tidak memungkinkan untuk kondisi tersebut.

4. Abrasive cut off saw

Power tools ini memiliki bentuk seperti gerinda elektrik yang berukuran besar. Fungsi utamanya adalah sebagai alat pemotong benda agar hasil kerja yang didapatkan bisa lebih rapi dan presisi.

Alat ini bekerja dengan tenaga listrik sehingga proses pemotongan bisa berjalan dengan cepat. Diperlukan gerakan memutar untuk bisa memotong material dengan rapi dan sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

5. Portable Air impact wrench

Kegunaan alat ini adalah untuk mempermudah proses pemasangan dan membuka baut yang terpasang. Anda bisa menentukan arah putaran alat dengan menggunakan saklar pengatur. Dengan begitu proses membuka dan memasang baut akan semakin mudah dan cepat.

Portable air impact wrench terdiri dari beberapa ukuran, semakin besar bentuknya maka tenaga yang dihasilkan juga akan semakin besar.

6. Air blow gun / air duster

Air blow gun memiliki bentuk seperti pistol yang akan menghembuskan angin bertekanan tinggi ketika pelatuknya di tarik. Kegunaan utama alat ini adalah untuk menyemprotkan udara guna membersihkan benda kerja yang terkena kotoran atau baru saja dicuci.

Alat ini mengandalkan angin bertekanan yang dihasilkan oleh kompressor. Dengan begitu proses pembersihan alat kerja akan semakin mudah dan cepat.

Setiap power tools memiliki kegunaannya masing-masing untuk dapat membantu proses kerja agar bisa berjalan secara lebih efektif. Dengan mengetahui fungsi dari setiap alat, Anda tidak perlu lagi bingung untuk memilih alat yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

 

Dapatkan harga power tools terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *