Mengenal GRC Board dan Teknik Pemotongannya yang Baik dan Benar 

Saat ini hampir di setiap rumah modern pasti menggunakan GRC board. Material satu ini biasa kita sebut dengan plafon atau fiberflat, bahan utamanya berasal dari campuran semen dan serat glasfibber. Dilihat sekilas penampakannya hampir sama dengan beton namun lebih tipis dan ringan.

Harga GRC dinilai lebih terjangkau dibanding jenis plafon lainnya, karena setiap ukuran 1,2 x 2,4 m dengan tebal 4 mm di banderol dengan harga sekitar Rp 57.000,. Namun memiliki kualitas yang bagus.

Beberapa kelebihan dari plafon GRC antara lain :

  1. Memperindah ruangan.
  2. Tahan air, panas, dan api.
  3. Aman karena tidak mengandung racun.
  4. Lebih mudah untuk dibentuk sesuai kebutuhan.
  5. Multifungsi, karena tidak hanya bisa digunakan sebagai plafon namun juga bisa digunakan sebagai dinding GRC.
  6. Awet dan anti rayap.
  7. Mudah dipasang.

Teknik potong GRC

GRC memiliki sifat yang luwes atau mudah dibentuk, oleh karena itu ada beberapa teknik pemotongan yang dapat diterapkan agar mendapatkan bentuk potongan yang rapi dan sempurna, berikut penjelasannya :

Teknik potong GRC dengan mesin Gerindra.

Bahan :

  1. Satu buah GRC Board.
  2. Gerinda listrik.
  3. Kabel rolling.
  4. Alatukur seperti meteran atau penggaris.
  5. Pensil.
  6. Kayu kecil atau kain.

Cara memotong :

  1. Lembarkan GRC pada tempat yang datar dan luas, bagian putih berada diatas dan bagian kasar berada di bawah , setelah itu buat pola menggunakan pensil dan meteran sesuai pola yang sudah ditentukan.
  2. Bagian​Bagian bawah GRC sumpal menggunakan kain atau kayu kecil, agar gerinda tidak menyentuh lantai atau tanah.
  3. Siapkan kabel rolling, kemudian tancapkan ke stop kontak terdekat, setelah itu tancapkan gerinda ke dalam kabel rolling.
  4. Mulailah memotong GRC dari sisi bawah kemudian mengikuti pola yang sudah ditentukan.  Segera pindahkan bagian yang telah dipotong agar tidak rusak. Selesai.

Teknik potong GRC dengan pisau cutter

Bahan :

  1. GRC Board.
  2. 1 buah pisau cutter ukuran sedang.
  3. Meteran.
  4. Kain bekas.

Cara memotong :

  1. Lembarkan GRC pada lantai atau permukaan yang datar.
  2. Buat pola menggunakan pensil dan meteran.
  3. Sebelum memotong taruh 1 lembar GRC dibagian atas GRC yang akan dipotong. Pastikan peletakannya disebelah pola yang sudah dibuat. Hal ini berfungsi untuk memudahkan proses pemotongan.
  4. Balut tangan menggunakan kain bekas untuk menghindari kecelakaan saat menggunakan pisau cutter, patahkan sedikit ujung cutter, kemudian mulai potong GRC dari bawah menuju ke atas. Pisahkan bagian yang sudah dipotong, ulangi hingga mendapatkan ukuran yang diinginkan. Selesai.

Jika anda tidak memiliki semua alat di atas anda bisa memotong GRC menggunakan paku. Caranya adalah lembarkan GRC ditempat yang landai atau datar. Setelah itu buat pola menggunakan penggaris atau meteran. Goreskan paku sesuai dengan pola yang telah dibuat berkali kalau, sampai dirasa goresan sudah cukup dalam.

Baca juga: Daftar Harga Marmer Tulungagung Terbaru 2019

Angkat papan GRC tersebut kemudian letakkan di atas kayu panjang atau ujung meja dengan posisi miring. Posisikan kedua tangan anda pada setiap sisi GRC. Mulai patahkan GRC secara perlahan lahan, dengan gerakan mendorong kedalam. Sisihkan dan ulangi sampai beberapa kali. Selesai.

Harga GRC yang terjangkau terkadang menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat untuk dijadikan sebagai dinding. Dinding GRC mampu menahan air dan panas lebih baik dari pada menggunakan kayu, atau anyaman bambu, selain itu GRC yang berbahan dasar semen dan serat khusu ini anti rayap sehingga lebih awet. Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *