Praktis! Ukuran yang Kecil Jadikan Karpet Tile Mudah Dipasang dan Dibersihkan

Keindahan interior ruangan dapat ditingkatkan dengan pemilihan dekorasi yang tepat. Karpet merupakan salah satu dekorasi yang sering kali menjadi pilihan untuk menambah estetika ruangan.

Karpet atau disebut juga permadani adalah bahan tekstil yang digunakan sebagai penutup lantai. Berasal dari Bahasa Italia kuno, “carpire” yang artinya adalah membului. Hal ini dikarenakan karpet terdiri dari lapisan atas (permukaan) karpet yang “berbulu” serta lapisan bawah (alas) tempat bulu tersebut melekat.

Jenis-jenis Karpet

Umumnya, karpet lantai terbuat dari wol atau bulu hewan. Banyak juga karpet yang terbuat dari serat tekstil buatan seperti misalnya polypropylene. Karpet memiliki beragam terkstur, warna, corak dan motif. Karpet juga memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang beragam. Anda dapat memilih karpet yang sesuai untuk berbagai macam ruangan dan keperluan.

1. Karpet Pameran

Sesuai sebuatannya, karpet pameran adalah jenis karpet yang banyak digunakan untuk acara pameran. Karpet ini juga banyak digunakan pada even yang biasanya digelar occasional di sebuah gedung seperti resepsi dan lain sebagainya. Struktur karpet pameran tipis dan ringan.

Karpet ini memiliki ukuran lebar 2 meter dan panjang 30 meter. Karena biasanya karpet ini cukup licin karena tidak memiliki alas, maka karpet ini dipasang dengan menggunakan lakban warna. Lakban warna berfungsi sebagai penahan karpet agar tidak bergeser.

2. Karpet Roll Loop

Merupakan karpet gulungan yang umum digunakan di rumah, kantor, hotel dan macam-macam ruangan lainnya. Lebar karpet ini adalah 4 meter, dengan tekstur kasar dan keras. Karpet ini memiliki daya tahan yang baik, sehingga dapat dimanfaatkan pada area dengan kegiatan rutin dan berat.

Saat menggunakan karpet roll loop, biasanya akan dilapisi dengan foam. Hal ini dilakukan agar karpet lebih nyaman saat dipjak. Kelebihan lain dari karpet ini selain ketahanannya adalah harganya yang sangat ekonomis. Selain karpet tile murah, karpet roll loop bisa jadi pilihan untuk penggunaan di area yng lebih luas.

3. Karpet Roll Cut

Karpet Roll Cut memiliki permukaan yang lebih tebal dan lembut jika dibandingkan roll loop. Hal ini dikarenakan ujung-ujung bulunya dipotong untuk memberikan tekstur lebih halus. Ketebalannya juga bisa mencapai 15 mm. Biasanya karpet roll cut dipasang pada tempat-tempat dengan kenyamanan esktra karena karpet jenis ini sangat lembut disentuh dan nyaman dijadikan tempat berbaring.

Versi premium dari karpet roll cut adalah karpet Roll Wilton yang memiliki struktur benang lebih kuat serta lebih lembut. Roll Wilton juga mempunyai beragam motif yang lebih menarik. Kita biasa mendapati karpet Roll Wilton di ruangan-ruangan mewah seperti ballroom hotel bintang lima.

Mengenal Karpet Tile

JIka karpet pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar untuk ditempatkan dalam ruangan, maka karpet tile berbeda. Karpet Tile murah merupakan karpet berbentuk potongan persegi yang mirip dengan keramik versi tekstil. Pengaplikasinnya sangat mudah, dengan cara dipasang satu persatu hingga area lantai yang dikehendaki dapat ditutup.

Ukuran Karpet Tile

Umumnya karpet tile berukuran 50 X 50 Cm. Namun, karpet tile juga tersedia dalan pilihan ukuran 40 X 40 cm, serta 92 X 92 cm.

Kelebihan Karpet Tile

  • Karena berupa potongan-potongan, karpet tile selain mudah dipasang juga mudah dibongkar. Sehingga jika karpet kotor atau terkena noda, Anda bisa membongkar bagian yang kotor tanpa harus mencuci seluruh karpet.
  • Karpet Tile memiliki underlayer berupa karet hitam, sehingga tidak perlu lagi diberi lapisan bawah.
  • Karpet ini lebih mudah dibersihkan karena potongannya yang terpisah satu sama lain, membuatnya lebih mudah dibongkar.
  • Dengan karpet tile, kita dapat mendesain motif lantai yang kita inginkan.
  • Anda dapat memasang karpet tile sesuai kebutuhan ruangan Anda. Karena terdapat beberapa ukuran karpet tile murah, maka tidak akan ada lagi kelebihan bahan karpet. Anda tidak akan terpaksa harus menekuk ujung karpet yang berlebih, sehingga mengurangi kenyamanan dan estetika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *