Spesifikasi Lengkap Buis Beton dan Pemanfataannya Dalam Dunia Konstruksi

Spesifikasi Lengkap Buis Beton

Daripada buis beton, masyarakat lebih familiar menyebut benda satu ini dengan sebutan gorong-gorong beton. Dalam dunia konstruksi, gorong-gorong beton tentu sangat banyak digunakan dalam berbagai keperluan konstruksi. Namun jika dilihat dari fungsinya secara umum, aplikasi utama dari gorong-gorong beton adalah digunakan  untuk pembangunan saluran air.

Gorong-gorong beton sendiri memiliki beberapa tipe jika dilihat dari bentuk, material, dan susunan rangkanya. Jika dilihat dari ukuran, komponen satu ini juga memiliki varian yang cukup banyak, sementara jika kemudian ditilik pula dari penggunaannya dalam konstruksi, beton buis ini juga dapat dibedakan dalam beberapa kategori.

Nah sekarang, bagaimana spesifikasi lengkap dari gorong-gorong beton itu sendiri? Berikut penjelasan lengkapnya.

Spesifikasi Lengkap Buis Beton dari Ukuran, Jenis dan Aplikasinya

Gorong-gorong beton memiliki cukup banyak istilah dalam penyebutannya. Selain disebut sebagai beton buis, kadang benda ini juga disebut sebagai hong pipe, atau pipe concrete. Penyebutan ini tentu saja mengacu pada pengertiannya sendiri yang merupakan sebuah konstruksi beton berupa cor-coran yang berbentuk pipa.

Namun jika dilihat dari tipenya sendiri, concrete pipe atau gorong-gorong beton ini setidaknya terdiri dari beberapa tipe yaitu;

  • Gorong-Gorong Beton Berdasarkan Rangkanya

Concrete pipe yang pertama dibedakan atas rangka yang digunakan sebagai pembentuknya. Rangka beton sebagai pembentuk gorong-gorong pada umumnya disebut sebagai tulangan. Ada beberapa material yang umumnya digunakan sebagai pembuat rangkanya, mulai dari baja, kawat, dan yang lainnya. Tingkat ketahanan rangka penyusun gorong-gorong memiliki korelasi yang signifikan pula pada tingkat ketahanan betonnya sendiri.

  • Gorong-Gorong Beton Berdasarkan Bentuknya

Jika dilihat dari bentuk jadinya, gorong-gorong beton setidaknya dapat dibagi dalam dua tipe yakni gorong-gorong beton berbentuk lingkaran penuh, dan gorong-gorong beton berbentuk setengah lingkaran. Pada umumnya gorong-gorong dengan bentuk lingkaran penuh digunakan sebagai konstruksi sumur resapan, saluran air, dan semacamnya. Sementara untuk bentuk setengah lingkaran, umumnya lebih banyak difungsikan sebagai pengairan.

  • Gorong-Gorong Beton Berdasarkan Bahan yang Dipergunakan

Sesuai namanya, semua concrete pipe terbuat dari beton sebagai material primernya. Namun yang membedakan disini adalah; ada yang menggunakan pasir dan ada pula yang tanpa menggunakan pasir. Harga buis beton tanpa komponen pasir sebagai bahannya secara umum lebih tinggi karena untuk jenis ini juga dianggap lebih kuat dari sisi ketahanan dan kekuatan. Sementara concrete pipe dengan material pasir biasanya digunakan pada sumur resapan karena kemampuan menyerap airnya yang masih bisa dimanfaatkan.

Spesifikasi Lengkap Buis Beton

Gorong-gorong beton digunakan secara luas dalam berbagai bidang konstruksi dalam kehidupan. Beberapa yang paling umum aplikasi dari concrete pipe adalah misalnya;

  • Sebagai Konstruksi Sumur Resapan

Untuk sumur resapan, jenis concrete pipe yang digunakan adalah concrete lingkaran penuh. Sementara untuk materialnya adalah yang menggunakan campuran pasir sebagai bahannya. Aplikasi gorong-gorong beton sebagai dinding sumur resapan telah mempermudah pekerjaan konstruksi sumur resapan secara luas.

  • Sebagai Konstruksi Pengairan

Berbeda dengan sumur resapan yang menggunakan concrete pipe lingkaran penuh, maka dalam sistem pengairan concrete yang digunakan adalah setengah lingkaran. Seperti halnya dalam banyak kepentingan konstruksi, aplikasi buis beton dalam sistem igirasi membuat konstruksinya lebih mudah dan juga tahan lama.

  • Sebagai Konstruksi Gorong-Gorong

Sesuai dengan namanya sendiri, fungsi awal dari gorong-gorong beton adalah memang sebagai gorong-gorong. Untuk fungsi ini buis concrete dapat menggunakan lingkaran penuh mau pun setengah lingkaran.

Hal yang umum dipertimbangkan dalam mempergunakan buis beton dan paling penting adalah kegunaan aplikasinya di lapangan. Jika buis concrete menggunakan material yang tepat, bentuk yang tepat dan aplikasi yang tepat pula, maka kinerja dan ketahanannya sudah pasti akan jauh lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *