Tak Usah Takut Lahan Sempit, Kamu Bisa Sulap Teras Menjadi Ruang Tamu Sekaligus Tempat Bersantai!

Teras Menjadi Ruang Tamu

Lahan yang semakin terbatas rupanya membuat konsep rumah open space semakin populer. Hunian dengan konsep open space ini akan meruntuhkan sekat-sekat yang memisahkan ruangan. Seringnya ruang dapur, ruang tamu dan ruang keluarga akan dilebur menjadi satu. Selain membuat rumah terasa lebih lega, nyaman dan hemat karena mendapatkan harga plafon grc, konsep open space juga lebih intim. Soalnya kegiatan keluarga berpusat di satu titik. Dalam satu ruangan besar, kita bisa mengawasi anak-anak, memasak bahkan menerima tamu.

Namun sebenarnya, konsep open space nggak sepenuhnya semenyenangkan itu. Desain ruang terbuka justru bisa mengganggu waktu istirahat loh! Soalnya suara kesibukan di dalam rumah akan saling terhubung, sehingga suara-suara bakal terdengar lebih keras. Untungnya, masalah ini bisa diatasi karena harga plafon grc murah. Soalnya, bahan plafon GRC yang harganya bersahabat ini, juga bisa dijadikan sebagai sekat ruangan yang bisa meredam suara. Pemakaian plafon GRC sebagai sekat ruangan, juga akan menjadi jawaban buat kamu yang merasa jengah dengan konsep open space, saat menerima tamu yang tidak terlalu kenal dekat.

Tapi sebenarnya, jika kamu tidak menginginkan sekat ruangan di dalam rumahmu, atau harus menggunakan konsep open space karena lahan yang terbatas, kamu nggak harus mengorbankan privasi dan waktu bersantaimu kok. Toh, sebenarnya kamu bisa memindahkan ruang tamu dan ruang bersantai ke teras rumah.

Ubah Teras Menjadi Ruang Ramu dan Ruang Santai

Sejatinya rumah merupakan hunian nyaman yang terdiri dari banyak ruang. Ruangan inilah yang berfungsi untuk mendukung dan memberikan kenyamanan beraktivitas di rumah. Namun sayang, keterbatasan lahan membuat beberapa orang harus meniadakan sejumlah ruangan. Seringnya sih ruang tamu dan ruang bersantai yang dikorbankan. Soalnya fungsi ruang bersantai bisa digantikan oleh kamar tidur. Sementara ruang tamu lebih sering tidak terpakai. Nah, ketiadaan kedua ruangan ini sebenarnya bisa kamu tebus dengan menyulap terasmu senyaman mungkin.

Teras bukan cuma sekedar ruangan peralihan atau bagian dari pekarangan rumah. Teras sebenarnya mencerminkan isi hunian secara keseluruhan loh. Apalagi kalau teras rumahmu bakal disulap menjadi ruang tamu sekaligus ruang bersantai, pasti harus cantik dan nyaman! Nah, untuk mendapatkan ruang tamu dan ruang santai terbaik di area teras, ada beberapa hal nih yang harus kamu perhatikan:

1. Pencahayaan & Warna

 

teras ruangan terbuka

Teras memang merupakan ruangan terbuka, tapi bukan berarti tidak butuh pencahayaan. Nggak mungkin kan menerima kunjungan tamu di malam hari dalam keadaan gelap? Pastikan lampu yang digunakan punya intensitas cahaya yang pas. Tidak membuat bagian dalam rumah terlihat transparan dan mengganggu kenyaman tamu karena energi panas dari lampu. Agar ruang tamu kamu makin nyaman dan enak dipakai bersantai, berikanlah terasmu warna-warna cerah. Warna ceria akan memberikan kesan lega karena memantulkan cahaya.

2. Posisi Atap Untuk Menahan Matahari

 

Atap Untuk Menahan Matahari

Agar tamu nyaman berkunjung di siang hari, pastikan posisi atap bisa menahan panas matahari. Pastikan juga teras dilengkapi dengan plafon agar bisa melindungi tamu dari debu dan kotoran dari atap. Pakailah plafon berbahan dasar GRC, yaitu Glassfiber Reinforced Cement. Plafon yang terbuat dari serat glassfiber ini mirip beton, tetapi jauh lebih mudah dibentuk dan lebih ringan. Plafon ini juga lebih unggul karena tahan air, sehingga nggak bakal rusak jika teras kecipratan air hujan. Kamu bisa mendapatkan plafon terbaik ini dengan harga plafon grc murah.

3. Furnitur & Aksesoris

 

Furnitur & Aksesoris

Catatan nih, sebaiknya nggak mengadopsi gaya lesehan untuk teras yang bakal dijadikan ruang tamu dan bersantai. Soalnya, teras merupakan bagian rumah yang paling sering terpapar sinar matahari. Lebih baik memilih sofa outdoor dari bahan kayu atau rotan yang dilengkapi dengan bantalan sofa yang empuk. Jadi saat tidak ada tamu, kamu bisa menggunakannya untuk bersantai.

Biar terasa lebih nyaman dan homey, tambahkan juga aksesoris seperti tanaman hijau, bantal-bantal hias, wind chime, atau air mancur portable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *