Tips Bermanfaat Dalam Pertimbangan Renovani Kamar Mandi Bagi Para Pengola Hotel

Hotel, salah satu jenis tempat penginapan yang paling banyak tedapat di kota besar, menjadi favorit orang-orang untuk singgah sementara. Mereka menginap untuk beberapa kepentingan, seperti liburan, bisnis, maupun hal lain. Selain mudah dicari, kelengkapan fasilitasnya juga menjadi daya tarik tersendiri, yang dapat dibedakan berdasarkan level kelasnya yang dikenal dengan ‘bintang’. Untuk hotel dengan kategori standar biasanya disebut bintang 3, sementara yang berfasilitas lengkap dan mewah masuk pada kategori bintang 5.

Dengan semakin banyaknya orang yang menginap membuat jasa perhotelan semakin menjamur. Banyak investor berlomba-lomba mendirikan hotel dengan berbagai keunggulan agar lebih diminati oleh orang-orang. Mereka rela berinvestasi besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak pula. Rencana pendirian hotel biasanya bekerja sama dengan kontraktor interior untuk mempertimbangkan berbagai kebutuhan yang harus dipersiapkan dalam memperindah tampilan. Mereka akan mencari ahli yang sudah profesional di bidangnya untuk menghasilkan bangunan berkualitas terbaik.

Namun seiring dengan perkembangan waktu, tentu bagian dalam hotel membutuhkan pemeliharaan ataupun renovasi, baik itu dikarenakan usia bangunan, adanya pelapukan, ataupun kerusakan di beberapa bagian. Hal ini diperlukan untuk menjaga kondisi hotel dan juga meyakinkan para pelanggan (customer) untuk lebih memilih menginap di hotel tersebut daripada ke hotel lainnya. Salah satu bagian yang biasanya direnovasi adalah kamar mandi. Bagian ini sangat penting dijaga karena di tempat inilah orang melakukan penilaian tehadap kebersihan dan keberfungsian fasilitas yang ada.

Tips Renovasi Kamar Mandi Hotel

Jika Anda adalah pengelola hotel dan sedang berencana melakukan renovasi untuk kamar mandi hotel, ada beberapa tips yang bisa diterapkan, antara lain:

1. Perhitungkan Waktu Renovasi

Bagi para investor yang sibuk, waktu adalah investasi penting. Oleh karena itu, mereka menyerahkan proses renovasi ke pihak ketiga yaitu kontraktor interior hotel untuk menghemat waktu. Biasanya mereka akan mengoordinasikan ataupun melakukan perjanjian kerja terlebih dahulu mengenai waktu yang diperlukan untuk renovasi, sehingga proses tidak berlangsung terlalu lama.

2. Perhatikan Fungsi Peralatan

Ini adalah hal yang paling sering menjadi masalah di hotel, yaitu tidak berfungsinya peralatan yang ada. Masalah yang umum terjadi berupa wastafel yang tersumbat, shower macet, dan lain sebagainya. Jadi, memperbaharui atau memperbaiki peralatan juga diperlukan saat renovasi. Perhatikan peralatan yang ada, apakah sudah berfungsi dengan semestinya atau belum.

3. Pilih Model yang Up-to-date

Desain tidak bisa lepas dari sebuah proses renovasi. Pemilihan desain yang berbeda akan menghadirkan nuansa yang berbeda pula. Terutama untuk zaman sekarang, orang-orang lebih tertarik akan segala sesuatu yang up-to-date atau kekinian, sehingga bisa dijadikan konten media sosial mereka agar terlihat ‘instagrammable‘, bahkan untuk model sebuah kamar mandi sekalipun. Maka dari itu, pilih model yang kekinian menyesuaikan dengan perkembangan zaman, namun utamakan kepraktisan agar renovasi lebih simpel dan ‘anti ribet’.

Baca juga: Daftar Harga Gorden Premium 2019

4. Perkirakan Budget Renovasi

Anggaran juga merupakan hal yang harus dipikirkan secara matang sebelum melakukan renovasi. Pastikan budget yang akan dikeluarkan untuk proses perbaikan tidak membengkak terlalu mahal dari yang diperkirakan karena hal ini akan berpengaruh pada dana investasi dan keuntungan yang akan didapat. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada financial advisor ataupun bagian keuangan perusahaan untuk menetapkan besaran anggarannya. Awasi juga penggunaan dana selama proses renovasi agar tetap berjalan sesuai rencana budgeting Anda.

Setelah mengetahui tips diatas, ada baiknya Anda tetap berkoordinasi secara intensif dengan kontraktor interior pilihan Anda agar rencana renovasi kamar hotel dapat berjalan baik dan meminimalisasi kesulitan yang akan dihadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *