Yuk Ciptakan Kamar Kedap Suara yang Nyaman Tanpa Bising dengan 4 Tips Berikut!

Tips Ciptakan Kamar Kedap Suara

Tidak semua orang mudah tidur di kamar mereka sendiri karena beberapa masalah dalam diri mereka sendiri, misalnya akibat insomnia. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya dibutuhkan kondisi yang tenang dalam kamar untuk mempermudah proses tidur yang nyaman dan berkualitas. Caranya dengan menata kamar agar tidak ditembus suara dari luar atau kedap suara menggunakan alat pendukung tertentu seperti pintu UPVC.

Tips Menata Kamar Kedap Suara

Dalam menata kamar yang kedap suara, biasanya seseorang sudah merencanakannya sebelum pembuatan kamar, sehingga pekerja akan menggunakan bahan tertentu yang kedap suara. Namun jika sudah terlanjur, anda tetap bisa merenovasi kamar dengan penataan berikut ini

1. Melapisi dinding Dengan Bahan Kedap Suara

Tips Ciptakan Kamar Kedap Suara

Cara yang paling mudah dan praktis untuk membuat kamar kedap suara adalah dengan melapisi dinding saat pertama kali pembuatan. Bahan yang digunakan adalah acoustic foam yang berbentuk tonjolan dan mampu menyerap suara secara total. Biasanya ukuran yang ditawarkan sekitar 2×1 meter, jika ruangan anda cukup luas, maka bisa membeli lebih dari satu lembar.

Dengan cara ini, maka suasana kedap suara bisa dirasakan sepenuhnya dibandingkan hanya menggunakan pintu UPVC atau bahan lainnya. Namun, walaupun praktis, cara ini membutuhkan biaya yang cukup menguras tabungan sehingga harus diperhitungkan sebelumnya.

2. Memanfaatkan Karpet Pada Lantai Kamar

Tips Ciptakan Kamar Kedap Suara

Walaupun paling  efektif, namun pemasangan acoustic foam membutuhkan pekerja yang ahli dibidang nya sehingga membutuhkan tenaga untuk memanggil dan menggunakan jasa mereka. Oleh karena itu, jika anda tidak mau repot menggunakan jasa orang lain, ada cara alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat kamar kedap suara, salah satunya menggunakan karpet pada kamar.

Selain hangat, komponen penyusun karpet mampu meredam suara yang masuk, sehingga anda bisa memilih karpet untuk melapisi lantai atau bagian rumah lainnya. Semakin tebal bahan karpet yang anda gunakan, maka semakin maksimal penyerapan suara yang diperoleh.

3. Guunakan Pintu dengan Kusen UPVC

Tips Ciptakan Kamar Kedap Suara

Walaupun terdengar asing, namun sudah banyak bangunan yang menggunakan pintu UPVC sebagian pelengkap interior ruangan, khususnya pada gedung mewah seperti apartemen, ruko ataupun villa. Bahannya yang merupakan turunan dari plastik ini mampu meredam suara yang masuk dengan ketahanan yang sangat baik.

Selain pintu, pada bagian kusen jendela kamar juga bisa diganti dengan bahan ini agar efek peredaman suaranya lebih maksimal. Banyak pilihan kusen menarik yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan dekorasi kamar yang lebih menarik dan bernilai estetika.

4. Meletakkan Tanaman Hias Pada Area Tertentu

Tips Ciptakan Kamar Kedap Suara

Tanaman memiliki banyak manfaat jika di letakkan di dalam rumah, seperti memperindah dekorasi rumah, serta menambah kesegaran udara dengan oksigen yang dikeluarkan pada malam hari. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa daun dan batangnya bisa menyerap dan membelokkan suara yang bising. Dengan demikian, anda bisa memanfaatkan tanaman dalam kamar dengan jenis yang anda sukai sebagai peredam suara sekaligus penghias ruangan. Namun, sebisa mungkin untuk mengeluarkannya pada malam hari,  karena tanaman bisa menghasilkan gas racun karbondioksida pada waktu tersebut.

Dengan beberapa tips di atas, maka kamar yang menjadi tempat istirahat ternyaman akan berfungsi lebih maksimal. Kamar kedap suara ini sangat cocok bagi penderita insomnia atau yang tinggal di lingkungan yang bising seperti pinggir jalan raya. Jika ingin menerapkan tips di atas segera lakukan persiapan alat dan bahan pendukungnya sejak awal, mulai dari pemesanan pintu UPVC hingga perlengkapan interior lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *