Tips Membersihkan Glassboard yang Paling Efektif

Tips Membersihkan Glassboard

Di zaman sekarang ini banyak sekolah ataupun perkantoran yang sudah menggunakan papan tulis kaca atau glassboard. Alasannya adalah karena papan tulis kaca jauh lebih bersih dan elegan daripada papan tulis kayu yang menggunakan kapur untuk menulisnya. Selain itu ada pula alasan kesehatan, yaitu kapur bisa memicu sesak nafas bagi sebagian orang. Makanya, mereka beralih ke papan tulis kaca dan menggunakan alat tulis spidol yang relatif aman. Meskipun lebih bersih, tapi bukan berarti papan tulis jenis ini tidak perlu dibersihkan, ya. Tetap kamu harus rajin membersihkan papan tulis kaca agar tetap terlihat bersih.

4 Cara Efektif Bersihkan Glassboard

Sebenarnya membersihkan papan tulis kaca ini tidak sulit kok. Sama seperti membersihkan bahan kaca pada umumnya. Yang terpenting kamu harus rajin memperhatikan kebersihan papan tulis kaca agr kotoran ataupun noda yang menempel tidak semakin susah dihilangkan. Nah, ada 4 cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan papan tulis kaca kesayangan. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Gunakan Alat Pembersih yang Lembut

Semua jenis kaca tidak cocok jika dibersihkan dengan alat pembersih yang kasar. Jika itu tetap dilakukan, maka kaca bisa berisiko tergores atau bahkan pecah. Sayang ‘kan kalau kamu harus beli papan tulis kaca lagi di toko yang jual glassboard. Memang goresan akibat pemakaian alat pembersih yang slaah tidak terlalu terlihat mencolok. Tapi itu akan merusak kualitas papan tulis kaca yang kamu miliki. Makanya, gunakan alat pembersih yang lembut seperti spon, kain, penghapus paoan tulis berlapis kain, atau alat pembersih kaca karet untuk mengangkat kotoran.

2. Pakai Cairan Pembersih Noda

Jika menggunakan penghapus papan tulis biasa tidak cukup, kamu dapat menambahkan cairan pembersih kaca. Produk tersebut banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Cara pakainya semprotkan cairan pembersih pada papan tulis kaca, lalu usap secara perlahan. Ingat, cara mengusap yang efektif adalah dengan pola melingkar karena bisa dengan cepat mengangkat kotoran yang membandel. Jika papan tulis kaca sudah bersih, pastikan lagi tidak ada bekas cairan yang masih menempel. Karena kalau sisa cairan tidak dibersihkan semuanya dapat menimbulkan bercak noda pada papan tulis kaca.

3. Segera Bersihkan Jika Ada Tetesan Air

Glassboard tidak anti terhadap jamur. Dan alasan tumbunya jamur selalu karena ada air atau permukaan benda yang lembab. Oleh karena itu, pastikan papan tulis kacamu bersih total setelah kamu bersihkan dengan cairan pembersih. Atau jika tidak sengaja terciprat air, segera ambil kain lembut dan usap permukaan yang terdapat tetesan air itu. Cara ini dapat mencegah papan tulis kaca menjadi jamuran dan pastinya tetap bersih kinclong.

4. Hindari Pemasangan Stiker atau Selotip

Nah, ini nih yang sering kali dilakukan oleh siswa di sekolah, yaitu menempel stiker di bagian atas papan tulis. Atau saat ada keperluan menempel sesuatu, papan tulis kaca diberi selotip. Bahan perekat yang terdapat pada stiker atau selotip akan menimbulkan noda yang susah dihilangkan. Biasanya nodanya berupa gumpalan lem yang kalau disentuh akan terasa kasar. Kalau sudah seperti itu, cara membersihkannya tidak bisa lagi menggunakan penghapus papan tulis biasa, melainkan pakai cairan pembersih yang memiliki daya angkat noda kuat.

Itulah empat cara yang efektif untuk membersihkan glassboard dan menjaga kualitas papan tulis kaca tempered agar tetap nyaman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *