Tips Membersihkan Karpet Dengan Sabun Yang Baik Dan Benar

Tips Membersihkan Karpet

Cara membersihkan karpet tile yang baik benar harus dilakukan agar karpet bisa terjamin dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Salah satu cara membersihkan karpet yang banyak dipilih adalah cara manual. Di mana orang akan mencuci karpet sendiri dengan menggunakan sabun. Namun ketika anda membersihkan karpet dengan menggunakan sabun, maka harus dilakukan dengan baik karena sabun bisa saja mengendap di pori-pori karpet dan membuatnya semakin lembab.

Karpet tile murah memiliki bahan yang lebih tips sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang lebih memilih harga karpet yang murah. Selain itu, ketika dijemur karpet akan lebih mudah cepat kering karena memiliki lapisan yang tipis. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah untuk melakukan perawatan pada karpet.

Berikut Tips Membersihkan Karpet dengan Sabun yang Baik dan Benar

Membersihkan karpet dengan menggunakan sabun memang lebih simple dan mudah didapatkan. Dengan begitu, anda bisa membersihkan karpet sendiri dengan lebih mudah. Namun, yang harus diperhatikan adalah jumlah penggunaan sabun yang akan diaplikasikan. Berikut beberapa tips membersihkan karpet dengan sabun.

1. Bersihkan permukaan karpet dengan vacuum cleaner

Sebelum membersihkan karpet dengan menggunakan sabun, terlebih dahulu bersihkan bagian permukaannya dengan vacuum cleaner. Dengan penggunaan alat ini, maka debu dan air yang mengendap dapat disedot secara menyeluruh. Dengan begitu, proses pembersihan akan lebih efektif untuk dilakukan. Jika masih terdapat debu yang tersisa dan terkena air, maka akan mengendap di permukaan karpet. Untuk itu harus dibersihkan terlebih dahulu.

2. Buatlah cairan sabun yang tepat

Gantung karpet pada sebuah bambu atau besi untuk memudahkan anda membersihkannya. Jangan menggunakan sabun langsung untuk membersihkannya, anda perlu membuat cairan sabun yang dicampur dengan air. Semprotkan cairan tersebut ke permukaan karpet secara merata. Biarkan beberapa saat hingga cairan meresap.

3. Sikap dengan lembut

Jika menurut anda kurang basah, maka anda bisa menyemprotkan kembali cairan tersebut. Kemudian dengan lembut gosok karpet secara perlahan menggunakan sikat pembersih. Jangan gosok terlalu keras karena bisa merontokkan tekstur karpet. Kemudian bilas sabun dengan menggunakan air. Anda bisa menyemprotkan air pada bagian yang terkena sabun secara perlahan. Tunggu hingga kotoran dan juga air jatuh dengan sendirinya. Untuk bagian akhir, anda bisa menambahkan pelembut agar karpet lebih wangi dan memiliki tekstur yang lembut.

4. Jemur karpet di bawah sinar matahari

Ketika dirasa proses pembersihan telah dilakukan secara menyeluruh. Biarkan karpet dijemur sebentar di bawah sinar matahari. Akan lebih baik jika anda mencuci karpet pada siang hari agar lebih cepat kering. Anda bisa membiarkannya selama beberapa jam. Pastikan kondisi karpet sudah kering dengan sempurna barulah anda pindahkan. Lipat karpet dengan baik dan bungkus dengan menggunakan plastik agar lebih rapi serta bersih ketika disimpan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membersihkan karpet tile dengan sabun yang baik dan benar. Jika anda memperhatikan tips di atas dengan baik, maka anda bisa membersihkan karpet dengan lebih mudah. Anda bisa membersihkan karpet di rumah sendiri tanpa harus menggunakan jasa laundry.

Meskipun anda membeli karpet tile murah, namun tentunya perawatan harus tetap maksimal agar karpet bisa awet dan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Apalagi jika karpet sering digunakan, maka harus dibersihkan secara rutin juga agar tidak menimbulkan kutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *