Yuk Intip Proses Membuat Lantai Epoxy 3D dengan 4 Langkah Mudah Berikut Ini!

Lantai 3D merupakan desain terbaru yang sedang tren saat ini, karena tampilannya yang indah dan membuat suasana ruangan lebih hidup. Terlebih jika lantai 3D dilapisi menggunakan cat dengan bahan kimia yang kuat dan tahan lama, sehingga gambarnya tidak mudah rusak. Salah satu bahan pelapis lantai yang berfungsi sebagai hardener atau pengeras adalah epoxy dengan bentuknya yang cair dan akan mengeras setelah diaplikasikan.

Proses Membuat Lantai Epoxy 3D

Membuat lantai 3D dengan pelapis hardener, membutuhkan proses yang cukup panjang serta ketelitian yang sangat baik. Bagi anda yang penasaran, berikut akan dijelaskan beberapa langkah dalam membuat lantai 3D dengan hardener

1. Memilih Desain yang Diinginkan

lantai bergambar 3D

Sebelum memutuskan untuk memasang lantai bergambar 3D, langkah pertama yang harus dilakukan tentu dengan memilih desain yang diinginkan. Banyak gambar menarik yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan, mulai dari gambar alam, hingga animasi.

Dalam mengaplikasikan desain pada lantai, bisa dengan dicetak langsung ataupun dilukis. Namun, untuk mempermudah proses desain, akan lebih tepat jika gambar yang dipilih dicetak terlebih dahulu, karena akan memperkecil kesalahan ketika diaplikasikan.

2. Persiapan Permukaan Lantai

Setelah memilih desain, barulah masuk ke tahap pengerjaan lapangan yang diawali dengan persiapan permukaan dasar lantai. Pastikan lantai yang akan dilapisi epoxy terbentuk dari bahan yang kuat dan bisa menampung beban berat. Selain itu kebersihannya juga harus diperhatikan, jangan biarkan debu, sampah plastik atau cairan minyak tertinggal, karena akan menghambat daya rekat hardener.

Jika lantai sudah sesuai kriteria, barulah lakukan proses leveling atau meratakan permukaan yang akan di cat, agar tidak bergelombang dan bisa mengurangi daya rekat cat pelapis nantinya. Gunakan alat khusus yang diformulasikan untuk meratakan lantai beton, seperti diamondize scrubber, ataupun waterjetting.

3. Lakukan Pelapisan Primer

Pelapisan Primer

Setelah lantai benar-benar rata dan kering dalam kurun waktu minimal 2 hari, barulah proses pelapisan bisa dilakukan. Pertama lapisi beton atau lantai dengan pelapis primer menggunakan aplikator cat seperti roller, ataupun alat semprot. Sebaiknya proses pelapisan ini dilakukan oleh pekerja yang sudah berpengalaman, seperti  menggunakan jasa epoxy lantai Jakarta.

Sebelum mengaplikasikan cat hardener, pastikan roller atau alat semprot yang digunakan memiliki kualitas yang sangat baik untuk mengurangi kemungkinan buruk yang akan terjadi. Contoh masalah yang sering ditemukan adalah rontoknya bulu roller, atau daya  tekanan udara yang kurang maksimal sehingga epoxy tidak menempel dengan rata.

4.Aplikasikan Desain 3D yang Diinginkan

Youtube.com

Tahap terakhir yang sangat menentukan hasil dari pelapisan lantai adalah, mengaplikasikan epoxy gloss dan hardener. Namun, langkah ini sedikit berbeda dengan proses hardener pada umumnya, karena jika menggunakan motif 3D harus memilih warna cat dasar seperti putih atau bening.

Selanjutnya barulah pelapisan gambar 3D bisa dilakukan, baik dengan teknik mural secara langsung, atau menggunakan bantuan desain yang sudah dicetak. Jika tidak memiliki keahlian seni mural, jangan ragu untuk menggunakan jasa epoxy lantai Jakarta agar hasil polesan lebih maksimal.

Demikianlah beberapa proses membuat lantai dengan motif 3D yang biasa dilakukan oleh pekerja di lapangan. Dengan menggunakan segala keunggulan dari epoxy lantai, maka gambar 3D yang diinginkan akan bertahan lama dan tidak mudah retak ataupun pudar. Oleh sebab itu, jika memiliki biaya lebih untuk membuat rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat desain lantai menggunakan epoxy 3D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *